Japanese Class Online

Jumat, 13 Mei 2011

Weton, antara Mitos dan Fakta

Weton menurut bahasa 'Jawi' atau Wedal dalam bahasa Sunda adalah hari kelahiran. Weton ini berasal dari kebudayaan Jawa di masa penganutan agama Hindu sehingga ilmu weton ini dianggap sebagai tradisi Kejawen. Ilmu ini diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang berdasarkan pengamatan sehari hari pada keadaan alam yang dikaikan dengan kejadian-kejadian dalam kehidupan. Weton terdiri dari 7 hari dalam kalender masehi seperti yang kita kenal dan 5 hari pasaran Jawa seperti Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon. Masing masing hari dan pasaran memiliki nilai khusus (Neptu). Setiap 'hari' juga memiliki watak, simbolisasi dan sifatnya masing masing yang biasanya merupakan manifestasi dari simbol hari tersebut. Berikut adalah weton dan sifat sifatnya berdasarkan hari yang saya dapatkan dari hasil bincang-bincang dan diperkuat fakta dari situs web primbon.com hhee :


Senin
Lambang : Bunga
Sifat : Tidak pelit, ikhlas hati dalam memberi, tidak bisa menyimpan uang, senang membela kebenaran, mudah tersinggung dan tidak pandai bicara.


Selasa
Lambang : Api
Sifat : Mudah terpengaruh, tidak mempunyai pendirian tetap, gampang naik darah, tidak sabaran dan selalu mau menang sendiri.


Rabu
Lambang : Daun
Sifat : Pendiam namun kalau sudah bicara tidak terduga, tidak suka mencampuri urusan orang lain, baik hati, suka menolong dan banyak rejeki.


Kamis
Lambang : Angin
Sifat : Pendiriannya tidak tetap, suka dipuji, mudah emosi, mudah terbujuk oleh rayuan halus dan tidak sabaran.


Jumat
Lambang : Air
Sifat : Disukai orang banyak, kuat mental, suka menolong, suka memberi nasehat yang baik dan suka mempelajari ilmu pengetahuan


Sabtu
Lambang : Bumi
Sifat : Giat bekerja, rajin pandai mencari rejeki, ditakuti orang banyak, pandai menempatkan diri dan bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik.


Minggu
Lambang : Mega/ awan
Sifat : Pandai bergaul, disukai orang banyak, berjiwa besar, suka merendahkan diri, pandai berbicara dan dapat mengatasi masalah yang dihadapiya dengan baik.


Sifat sifat weton diatas rupa rupanya mengikuti sifat/watak sang lambang, seperti hari senin yang memiliki lambang bunga, sifat bunga itu sendiri cenderung indah, bersifat feminin, melambangkan kelembutan dan cinta maka weton hari senin ini bersifat lembut, cantik jujur, peka dan apa adanya. 


Weton sabtu yang berlambang bumi/tanah juga dapat diartikan sebagai 'kesabaran' hasil manifestasi dari sifat bumi / tanah atau bule bilang 'Down to Earth', tau diri, mengakar, sabar, alon-alon, bertanggung jawab dan terkesan sederhana dan penuh pengabdian weton ini cocok banget buat pegawai kantoran atau PNS, wkwkwk :D .


Bagi orang orang berweton kamis (angin) bisa dikatakan orangnya angin anginan, moody persis seperti lambangnya, mereka cenderung sesuka hati dan agak labil? hheee... seperti juga weton Jumat (Air). Meskipun weton air ini mengartikan seseorang itu berwatak 'mengalir' dan terkesan labil, tetapi justru banyak yang mengatakan sebaliknya. 


Kelahiran jumat ini memiliki watak mental yang kuat dan teguh seperti halnya weton hari selasa dan menurut desas desus(?) orang yang lahir di hari jumat ini kuat dan kebal dari serangan ilmu ilmu sihir....(mungkin karena begitu mulianya hari Jum'at).


Weton Selasa (Api) mencerminkan pribadi yang kuat, teguh, hangat, ceria, bermental baja sehingga cocok sekali buat jadi pengusaha, orator, Panglima perang, Presiden atau hal apapun yang membutuhkan bakat kepemimpinan yang besar. Meskipun biasanya orang berweton ini biasanya pemarah (peace ah...), tapi mereka ini juga mudah melupakan masalah dan pemaaf asalkan sikap kita gak memancing kemarahannya.


Weton Minggu (mega/awan) menggambarkan sifat awan yang luas, menaungi/meneduhi, luhur sehingga terkadang menghasilkan orang orang pintar yang sok tauuuuu tapi juga sering gelap pikiran seperti awan itu sendiri yang bisa menjadi mendung. Karena keluasan wawasannya, orang yang lahir di hari minggu ini tidak jarang menjadi sombong.  Sedangkan hari weton yang saya tidak begitu mengerti adalah rabu (daun)..emang sifat daun kayak gimana yah??? :D


Terlepas dari semua sifat di atas , penggunaan weton ini dianggap Thiyarah dalam Islam, lebih lanjut dengan mempercayai sifat sifat weton ini berarti termasuk ke dalam Shaffar yaitu "Larangan bulan, hari, weton, hari tertentu. Dikalangan masyarakat kita sekarang ini masih banyak yang mempercayai bulan dalam setahun, hari dalam seminggu, weton (jawa) dimana seseorang tidak boleh melakukan aktivitas tertentu, misalnya membangun rumah, menikah, berdagang pada hari hari tertentu. Padahal tidak hari sial atau hari baik, malang atua tidaknya nasib seseorang tergantung dari ikhtiar/usaha seseorang dan atas kehendak Allah S.W.T. " (http://catatanislamkoe.blogspot.com/2008/10/mitos-sesat.html). Namun yang membuat saya bingung, seringkali Ustad-Ustad yang saya temui selalu menanyakan weton saya dan memberikan amalan harian untuk dikerjakan berdasarkan kias weton saya dalam jumlah yang disesuaikan dengan bilangan weton (Neptu) walaupun tanpa mempertimbangkan neptu bilangan harian pasarannya.  


Jadi bagaimana sebenarnya weton/wedal ini, Mitos atau Fakta?
Wallahu alam Bisshowab....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lilypie Maternity tickers

Lilypie Maternity tickers

Kebun Emas 2013

Kebun Emas 300 x 250
v